Langsung ke konten utama

Anugrah Bulan Ramadhan (edisi tarawih & sahur)

             Tanggal 1 Agustus lalu, gw masih di Bandung. Hmm, sebenernya ini karena tanggal 30 Juli-nya gw ke Bandung, ada beberapa urusan di sana. So, 3 hari 2 malam itu gw habiskan di Kota Kembang nan dingin indang. Rencana awal, gw pulang tanggal 31 Juli sore, tapi karena ada sesuatu yang harus gw tunggu, gw pun menunda kepulangan gw menjadi 1 Agustus. It means, sahur pertama, tarawih pertama, dan puasa pertama gw yaa mau nggak mau di Bandung.

          Setelah seharian muter-muterin ITB, Dago, dan teman-teman seperjuangannya (sampe gw hampir nyasar), gw dan temen gw memutuskan untuk tarawih di masjid/mushola deket rumah temen gw aja. Alhamdulillah, pukul 19.00 lewat beberapa detik, kami sampe di rumah. Langsung menyegerakan wudhu, dan cap cus ke mushola terdekat. Biasanya kalo tarawih di masjid belakang rumah gw, 23 rokaat. Namun, di sana menjalankan yang 11 rokaat, gitu. Setelah Sholat Isya, tak lupa Sang Ustadz memberi kultum. Pertama-tama sih gw ngerti apa yang disampaikan oleh beliau, lama-lama gw hanya bisa ngangguk-ngangguk, belajar memahami apa yang disampaikan. Hal ini terjadi karena Sang Ustadz ngasih kultum dalam bahasa Sunda, SODARA-SODARA! Huahahahhaa, eke mana fahim? 

*setelah nyadar kalo beliau pake bahasa Sunda, gw dan temen gw tengok-tengokan,
temen gw: “Kak Idha ngerti nggak?“
gw: “hmm, dikit-dikit.. haha“ antara mau ketawa, kepo, tapi biasa aja: absurd (red.)

             Sebagai tamu, sudah sepantasnya nggak ngerepotin. Kebetulan, pas pukul 3 dini hari tuh gw kebangun sendiri tanpa disuruh alarm, akhirnya langsung cap cus lah gw ke dapur, bantuin nyiapin sahur sembari ngobrol-ngobrol sama nyokap temen gw itu. Seru, seru banget! Jadi berasa punya ’mama-kedua’, soalnya baik banget, dan sangat sabar orangnya, juga pengertian.

         Paginya, 09.15, gw telpon PT KAI nanyain tentang kereta tujuan Gambir adanya yang jam berapa.. ternyata keberangkatan pukul 11.30 masih ada sisa kursi, yoweslah gw mutusin saat itu juga ke Stasiun Bandung. Berhubung ada beberapa masalah—yang nggak mungkin gw ceritain juga di sini—akhirnya gw naik angkutan umum. Kata temen gw, biasanya kalo dari tempat dia ke Stasiun Bandung, bisa 2 jam. Kalo macet, bisa lebih bahkan. Waduh! Ini aja udah 10.00, gw cuma punya waktu 1½ jam dari sekarang buat sampe sana. Hmm, bismillah, semoga bisa kekejar tuh kereta. Kalo pun nggak kekejar, yaudahlah, gw nunggu di sana aja sampe pukul 3 sore K (kalo jodoh sama keretanya, nggak akan ke mana *jurus nenangin diri sendiri*). Angkot pertama, alhamdulillah langsung dapet. Namun, sayangnya cukup kosong, jadi abangnya mungkin hanya menggunakan kecepatan sekitar 20—25 km/jam. Itu angkot berhenti seratus kali ada kayaknya deh *mulai deh ini lebaaay*. Hampir tiap 5 menit sekali, gw liat jam tangan, jam ponsel no*ia, jam ponsel sam*ung, tetep aja gw dag-dig-dug banget ini jantung. Ya Allah, tenang.. tenang.. sabaaar.. sabaaar (dalam hati). Jam tangan gw sudah menunjukkan pukul 11.11 waktu indosial bagian ketar-ketir, fuhh! Tepat banget, gw telah sampe di tujuan angkot berikutnya. It means, gw hanya punya sisa waktu kurang dari 20 menit untuk sampe di Stasiun Bandung. Istighfar Dha, istighfar!

             Tengak-tengok angkot ungu, belum ada juga. Mau teriak dan nangis rasanya, sambil garuk-garuk aspal, juga mojok di tiang-tiang penyangga gedung-gedung tua itu, trus nyanyi lagu-lagu ratapan. #abaikan. I got you ungu! Langsung naiklah gw ke singgasana belakang sopir. Alhamdulillah Ya Allah. Eeee, lagi-lagi, angkotnya masih kosong. Artinya apa sodara-sodara? Si abang mau nggak mau harus ngetem sampe agak penuh. Saat itu, muka gw udah nggak bisa yang namanya pura-pura senyum atau pun muka orang baik-baik. Udah gw tekuk-tekuk itu muka, sampe bisa disakuin di baju seragam SD. Ah, meeen!

“Stasiun, stasiun!“ itu kata-kata keluar dari mulut abang sopir. “yang turun, yang turun!“
“udah sampe stasiun ya Bang???“ tanya gw dengan muka penuh ketidakpercayaan.
’’udah, Neng..’’
Gw langsung ngasih ongkos angkot, dan tak lupa bilang #makasih ya Bang
Pas gw liat jam tangan : 11.23
Huaaaaa, langsung lari dah gw waktu itu, buru-buru beli tiket.
(breath..)

alhamdulillah :)
Allah selalu ngasih ‘kejutan’ di saat yang ‘sesuatu’ banget.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIJUAL SEPATU COLLETTE

Hai, kali ini saya mau jual sepatu nih: - Jenis: Sepatu Collette (*namanya tetap sepatu, karena bagian belakangnya tertutup—meskipun model bagian depannya slipper ) - Ukuran: 39 - Warna: abu-abu, merah muda - Harga: Rp160.000,- (harga asli Rp189.900,-) berikut penampakannya: Sepatu baru, belum pernah dipakai. Cocok banget buat temen-temen yang suka hangout, tapi tetep gaya. Nyaman, bahannya semi-beledu (*kata nonbakunya ‘beludru’). Kenapa mau dijual? Karena butuh tambahan uang untuk beli sepatu trekking, hahaha. Eh, tapi serius. Bakal seneng banget kalau ada yang berminat dan bantu saya menyelesaikan perkara jual-beli sepatu ini.  Info lebih lanjut, bisa hubungi saya via twitter/facebook: @idhaumamah  atau  Mursyidatul Umamah , terima kasih banyak :)

RENUNGAN

Monday May 04th 2009, 10:50 pm Suatu ketika, seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia.. Menjelang diturunkan, dia bertanya kepada Tuhan, “para malaikat disini mengatakan bahwa, besok Engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara hamba hidup disana? Hamba begitu kecil dan lemah,” kata si bayi. Tuhan menjawab, “Aku telah memilih satu malaikat untukmu, ia akan menjaga dan mengasihimu,” “tapi, di surga, apa yang hamba lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa, ini cukup bagi hamba untuk bahagia,” demikian kata si bayi. Tuhan pun menjawab, “malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya, dan membuatmu jadi lebih bahagia,” Si bayi pun kembali bertanya, “dan apa yang dapat hamba lakukan saat hamba ingin berbicara kepada-Mu Tuhan?” “malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdoa.” Demikian Tuhan menjawab. Si bayi masih belum puas, ia pun bertanya lagi, “hamba mendengar, bahwa di bumi banyak orang jahat, lalu siapa yan

Merdeka di Gunung (Anak) Krakatau

Dirgahayu RI ke-68! Bagi saya, 17 Agustus tahun ini terasa berbeda. Akhir pekan 16—18 Agustus pun terasa panjang, biasanya kan nggak terasa, tiba-tiba udah Senin lagi. Rasanya tak berlebihan bila saya menyebut mereka keluarga baru. Entah ini keluarga baru saya yang ke berapa. Pastinya, saya nyaman bersama dan berada di dekat mereka. 25 orang pemberani yang punya nyali luar biasa; dengan karakter yang unik; juga tingkah laku yang cukup gila. Hahaha. Kami berhasil menaklukkan Gunung (Anak) Krakatau. Ya, bagi saya semuanya berhasil—meskipun ada beberapa yang lebih super lagi melanjutkan perjalanan sampai puncak. Kadar ‘berhasil’ setiap orang memang berbeda. Bagaimanapun itu, harus tetap mengucap Hamdalah. Sekadar pengetahuan, Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Kemudian, tahun 1927 lahirlah Anak Krakatau. Medan Gunung Anak Krakatau ini tidak terlalu sulit. Beberapa meter pertama kita akan menemui pohon-pohon kecil di kanan kiri jalur. Sisanya pasir putih dan bebatuan. M