Langsung ke konten utama

Kaleidoskop 2013

Selamat datang 2014!
Gw harap, semua lini di kehidupan gw meningkat, aamiin.

Well, nggak afdhol rasanya kalau pergantian tahun kali ini tidak dilengkapi dengan pencapaian dan evaluasi (*njir, berasa lagi LPJ ini sih). Alhamdulillah, akhir tahun ini membahagiakan. Meski di awal tahun 2013 hidup gw penuh liku, sejujurnya gw justru sangat menikmati prosesnya.

Pada bulan Januari akhir, gw memutuskan untuk mengakhiri hubungan gw dengan salah satu lembaga nasional tempat gw bekerja. Kenapa diakhiri? Ya, karena ada beberapa hal yang menurut gw ‘lama-lama ada yang nggak beres’ dan alasan idealis alumni UI pada umumnya. Hiahahahaha. Kemudian, mulailah gw melamar ke beberapa tempat yang gw inginkan. Sembari menunggu panggilan, gw sengaja menghabiskan waktu gw di rumah (Tegal), itung-itung ngecas batre family-life gw. Baru hari pertama di rumah, tiba-tiba gw ditelepon oleh salah satu radio di Bandung untuk interview. Karena jadwal interview nggak bisa di-reschedule, akhirnya gw lepas. Fuh. Tega nggak tega sih sebenernya. Tapi apa boleh buat, memang belum jodoh.

Beberapa hari kemudian, bulan Februari awal, gw juga dihubungi oleh salah satu media cetak berskala nasional untuk menjalani tes bidang (seleksi tahap dua). Waktu itu gw minatnya di Penyelaras Bahasa Iklan. Gw pun terpaksa kembali ke Jakarta. Alhamdulillahnya gw lolos, dan lanjut ke tahap tiga, yakni wawancara. Dalam situasi ini, gw udah nggak punya kosan. Jadi selama gw di Jakarta, gw nginep di beberapa tempat: di rumah temen gw di Ciracas, Kober, dan Kukel. Setelah selesai tahap wawancara, gw langsung balik lagi ke Tegal. Boleh dibilang, gw sempet PP Jakarta-Tegal sampe 3 atau 4 kali. Mabok banget lah pokoknya!

Nah, gw dan temen-temen sejurusan, juga seangkatan, nggak ada yang lolos ke tahap berikutnya. Yang lolos justru junior gw yang masih ngerjain skripsi. Hmm, ini nggak tau sih, pertimbangannya apa. Yasudahlah ya. Akhir bulan Februari, gw memutuskan ke Depok karena ada murid BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) yang butuh privat bahasa Indonesia. Jadi ya, gw dengan senang hati menerima freelance ini. Alhamdulillah, kerjaan ini bertahan cukup lama, sampe sekitar bulan Maret/April. Murid gw yang tadinya cuma satu, semakin bertambah. Selain itu, bulan Februari juga bulan kelahiran komunitas Estafet Buku *prok prok prok* jadi kegiatan gw nambah deh.

April. Bulan yang gw tunggu-tunggu akhirnya tiba. Tadinya ada rencana ke luar kota, tapi karena orang yang mau gw kunjungi sedang tidak berada di tempat, maka rencana pun gagal. Sedih. Meski begitu, gw tetep punya back up plan: ngirim sesuatu yang mau gw kasih via JNE.

Bulan Mei. To do list gw menghadiri festival lampion di hari Waisak tercapai. Yaaa walaupun pas nyampe Borobudur banyak peristiwa konyol dan epic sepanjang masa, tetep aja bahagia (eaaaaak!). Mulai dari ikut trip sebuah grup, batal ke Goa Pindul dan Sungai Oyo, sampe batal ketemuan (entah ini kali ke berapanya dibatalin). Fuh. Udah bagus kami berada di tempat yang sama, tapi ada aja lah halangannya. Belum jodoh edisi ke sekian. Hahaha. Gw di Jogja sampe awal Juni. Jadi, pas gw ulang tahun, gw masih di Jogja. Hehehe. Selamat ilang tahun, Idha! Waktu di Jogja gw habiskan untuk keliling kampus UGM, plus ke tempat-tempat asyik di Jogja dengan sepupu gw, temen-temen kampus yang kebetulan lagi di Jogja, dan temen SMA yang kuliah di Jogja. Seru!

Juni. Bahwa “tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni (Sapardi)” memang benar. Sahabat pas SMP SMA yang berulang tahun beberapa hari setelah 31 Mei, sekarang udah nggak sama gw lagi. Memang, jarak kami sangat jauh. Pun, tersedia alat komunikasi, kami tak seintim dulu. Hiks. Yang gw rindukan adalah saat tukeran kado. Selalu ada surat di dalamnya. Isinya sih standar-standar aja, ngasih kabar sekarang gimana, trus saling cerita kalau kangen pengin ketemu, dll. But, it’s over now! Alhamdulillahnya, gw dapet kado dari temen-temen Estafet Buku. Dan, mereka sangat menghibur gw di bulan Juni.

Memasuki bulan Juli, gw dihadapkan pada ujian S2 di UGM. Gw tes tanggal 6 Juli. Alhamdulillahnya masih sempet—dan bela-belain—dateng ke MBIC 2 di GKJ tanggal 5 Juli. Jadi, begitu konser kelar sekitar jam lima sore, lanjut foto-foto dan ketemu sama orang-orang yang pengin ditemuin, setengah enam langsung cabut ke Gambir karena kereta ke Jogja berangkat jam enam. Fuh, selalu seru dikejar waktu. Sampai di Jogja, gw akhirnya nginep di kosan sepupu gw yang cowok. Ini terpaksa karena kondisi saat itu adalah jam tiga pagi, sementara gw harus sampe kampus UGM jam 7. Cuma tempat dia yang paling deket.  Padahal, rencana awal adalah gw bakal nginep di rumah temen gw, di daerah Ngaglik-Sleman. Dipikir-pikir, bakal repot dan PR banget kalo harus bolak-balik sejauh itu. Setelah kelar ujian, gw langsung ke rumah temen gw untuk nginep di sana. Satu lagi, di tahun ini pula gw menjalani hari pertama puasa Ramadhan di luar kota alias Jogja.

Agustus. Setelah balik dari Jogja, gw ke Depok dulu, barulah ke Tegal—menghabiskan sisa puasa di rumah sampai Lebaran tiba. Bulan ini spesial karena pada hari kemerdekaan gw memutuskan untuk ngetrip ke Gunung Krakatau. Yap, this is the first time gw naik gunung sampai puncak. Hahaha. Selama 3D2N gw nenda di tepi pantai, dan ini nikmat banget! Udah sempet gw ulas itinerary dan jalan-jalannya sedikit di sini dan di sini.

September. Ini antara nothing special atau gw lupa. Hahaha. Maaaaap!

Oktober. Saatnya BMBC-an, kiw kiw kiw! Alhamdulillah tahun ini bisa kembali ke Bandung menyaksikan BMBC untuk kali kedua. Meski awalnya ribet dengan pertiket-keretaan, akhirnya beres juga. Yaaaa sebenernya sih bukan BMBC-annya yang paling utama, tapi gitu deh, tau kan? Hahaha (maap ngeselin). Lumayan lah buat ngecas batre heart life. Najis banget sih ini kata-katanya. Baiklah, disudahi saja Oktobernya ya, nanti malah melebar.

November. Satu wishlist gw tercapai: Ngayogjazz. Alhamdulillah bisa ke Jogja juga akhirnya untuk kali ketiga dalam tahun 2013. Gila banget perjalanan ke Jogja kali ini. Masalah klasik, semenit lagi ketinggalan kereta di Stasiun Jakarta Kota pas berangkat dan ngejar kereta yang udah jalan di Stasiun Lempuyangan pas pulang. Fuh! Deg-deg-ser nya superseru. Batre jazz life pun penuh, apalagi puas mentelengi Shadu persis di depan monitor panggung. Hahaha. Di bulan ini, gw juga freelance di Dewan Kesenian Jakarta selama 2 minggu, Alhamdulillah banget bisa kenal orang-orang baik yang sehobi dan sedunia :’)

Desember. Masya Allah, cepet bener yak ujug-ujug udah akhir tahun 2013 aja. Biasanya umat marching band udah pada resah dan udah nggak konsen kerja/kuliah/nugas karena pengen cepet-cepet hari H GPMB. Nggak tau sih yang lain kayak gitu juga nggak, kalo gw sih iya. Ngedit aja udah nggak konsen—padahal ngeditnya nggak di kantor. Sempet bingung mau ngekru atau nonton Jumat dan Minggu. Dan, setelah dipikir matang-matang, baiknya gw ngekru. Apalagi harga sasak si ibu GPMB semakin mahal, hahaha (ampuuuun!). Sempet mau kecewa karena dulu pas BMBC bilang nggak akan dateng, tapi nyatanya dateng full dua hari. Hihihi. Batrenya kecas lagi deh. Perasaan ngecas mulu yak dari tadi, emang cepet abis batrenya, maklum manusia modern.

Baiklah, sekian dulu dari gw. Meskipun ini udah hampir akhir Januari 2014, nggak ada salahnya kan mengulas 2013 lalu? Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk ngecas batre di sana-sini kapan pun di manapun gw mau. Terima kasih 2013. Semoga 2014 lebih penuh batrenya :’)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIJUAL SEPATU COLLETTE

Hai, kali ini saya mau jual sepatu nih: - Jenis: Sepatu Collette (*namanya tetap sepatu, karena bagian belakangnya tertutup—meskipun model bagian depannya slipper ) - Ukuran: 39 - Warna: abu-abu, merah muda - Harga: Rp160.000,- (harga asli Rp189.900,-) berikut penampakannya: Sepatu baru, belum pernah dipakai. Cocok banget buat temen-temen yang suka hangout, tapi tetep gaya. Nyaman, bahannya semi-beledu (*kata nonbakunya ‘beludru’). Kenapa mau dijual? Karena butuh tambahan uang untuk beli sepatu trekking, hahaha. Eh, tapi serius. Bakal seneng banget kalau ada yang berminat dan bantu saya menyelesaikan perkara jual-beli sepatu ini.  Info lebih lanjut, bisa hubungi saya via twitter/facebook: @idhaumamah  atau  Mursyidatul Umamah , terima kasih banyak :)

Merdeka di Gunung (Anak) Krakatau

Dirgahayu RI ke-68! Bagi saya, 17 Agustus tahun ini terasa berbeda. Akhir pekan 16—18 Agustus pun terasa panjang, biasanya kan nggak terasa, tiba-tiba udah Senin lagi. Rasanya tak berlebihan bila saya menyebut mereka keluarga baru. Entah ini keluarga baru saya yang ke berapa. Pastinya, saya nyaman bersama dan berada di dekat mereka. 25 orang pemberani yang punya nyali luar biasa; dengan karakter yang unik; juga tingkah laku yang cukup gila. Hahaha. Kami berhasil menaklukkan Gunung (Anak) Krakatau. Ya, bagi saya semuanya berhasil—meskipun ada beberapa yang lebih super lagi melanjutkan perjalanan sampai puncak. Kadar ‘berhasil’ setiap orang memang berbeda. Bagaimanapun itu, harus tetap mengucap Hamdalah. Sekadar pengetahuan, Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Kemudian, tahun 1927 lahirlah Anak Krakatau. Medan Gunung Anak Krakatau ini tidak terlalu sulit. Beberapa meter pertama kita akan menemui pohon-pohon kecil di kanan kiri jalur. Sisanya pasir putih dan bebatuan. M

RENUNGAN

Monday May 04th 2009, 10:50 pm Suatu ketika, seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia.. Menjelang diturunkan, dia bertanya kepada Tuhan, “para malaikat disini mengatakan bahwa, besok Engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara hamba hidup disana? Hamba begitu kecil dan lemah,” kata si bayi. Tuhan menjawab, “Aku telah memilih satu malaikat untukmu, ia akan menjaga dan mengasihimu,” “tapi, di surga, apa yang hamba lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa, ini cukup bagi hamba untuk bahagia,” demikian kata si bayi. Tuhan pun menjawab, “malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya, dan membuatmu jadi lebih bahagia,” Si bayi pun kembali bertanya, “dan apa yang dapat hamba lakukan saat hamba ingin berbicara kepada-Mu Tuhan?” “malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdoa.” Demikian Tuhan menjawab. Si bayi masih belum puas, ia pun bertanya lagi, “hamba mendengar, bahwa di bumi banyak orang jahat, lalu siapa yan