Langsung ke konten utama

Mahasiswa Arkeologi

Judulnya ‘mengundang’ banget ya?! *untuk beberapa orang mungkin bakal, uhuk! Udah ah*
Bukan gebetan gw kok, apalagi konsep-konsep ‘dirty’ yg lain. Tenang, ini bukan soal percintaan, perasmaraan, apalagi pernikahan. Huhuhu. Cus!

Beberapa hari lalu, gw dengan sengaja bikin janji ketemuan dengan salah satu teman gw jurusan Arkeologi, sebut saja Bejo. Gw rasa orangnya nggak akan marah kalo liat tulisan ini karena doi gw sebut sebagai Bejo di sini. Hal ini semata-mata hanya untuk menjaga privasi dia dari oknum-oknum penjahat asmara atau yang biasa gw sebut dengan penjajah cinta, huahaha. Ada yang tergolong kaum penjajah cinta di sini? *ngacung nih gw* dih dih ngaku sendiri, PD bener.

Meskipun hanya beberapa menit, pertemuan ini cukup berkualitas. Gw puas dengan si Bejo yang ramah melayani gw *eh tolong, puhlease, hilangkan pikiran-pikiran dirty ya, tuips, #cipokbasahdarimimin* pokoknya Bejo baik banget sampe mau mengajari gw bagaimana cara yang benar dan harus ngapain dulu sebelum gw melakukan itu. Ciee, ada yang penasaran nggak, gw dan Bejo sebenernya lagi ngapain? *sok iya banget ya gw?!* maaf kalau menyungging pembaca, menggengges penikmat, dan merusak pikiran. Becanda, namanya juga komik, iye nggak?! Yuk mari, lanjut!

Tepatnya, gw banyak banget tanya ke Bejo tentang bagaimana langkah merawat temuan purbakala, lalu sampe tahap apa sih sebuah temuan purbakala dapat kita sebut sebagai situs? Lalu, apakah semua benda purbakala yang ditemukan oleh Arkeolog dan/atau orang biasa dapat dimuseumkan dan dapat dijadikan wisata edukatif? Kemudian Bejo menjelaskan panjang lebar, menunjukkan ke gw artikel-artikel dalam bentuk pdf terkait permasalahan tersebut. Dari mulai penelitian yang file-nya boleh dikopi, hingga file yang memang nggak boleh dibagikan ke siapa pun. Ih wow banget ya, *pikir gw* berkali-kali gw melontarkan kata “Oh gitu toh”/”WAW..”/”yasalaaam”/”innalillahi”, yang terakhir kayaknya kurang pas deh. Mungkin kalo untuk Adek Dinosaurus yang metong, sama Om Homo-homo itu yang metong pas zaman Plestosen mah, sok aja.

Gw berasa lagi bener-bener belajar dan memahami jurusan lain. Meskipun hanya sekadar mengetahui istilah-istilah dan terjawabnya inti masalah yang gw perlukan, tetep aja sangat awesome buat gw. Mengapa? Menurut gw itu seru banget! Bikin orang penasaran lebih lanjut. Setelah itu, gw pun minta tolong Bejo untuk ngenalin gw dengan salah satu dosen Arkeologi yang kira-kira bisa bantu gw di penelitian ini. Bahkan ya, setelah sesi ketemuan sama Bejo waktu itu, gw buru-buru melengos ke Perpus Pusat, ke tempat bagian Skripsi, lalu ngubek-ngubek rak Arkeologi. Huaaaa.. seru banget! Gw niat banget sampe segininya ya, kenapa nih? Ada apa dengan gw? Gw ambil beberapa sampel skripsi, gw baca, lalu gw catat hal-hal yang menurut gw cukup membuat pikiran gw lebaran dikit dari sebelumnya, dapet beberapa pencerahan barulah istilahnya. Alhamdulillah, sesuatu banget.

Hmm, seminggu ini gw bakal berurusan dan menjalin hubungan intim dengan Arkeologi, makanya gw harus membekali otak gw secara utuh dengan bidang itu supaya ‘nggak bego-bego amat’ kalo pas ditanya. Btw, ada awkward moment saat itu. Pas gw lagi ngubek-ngubek, nundukin kepala buat baca judulnya yang tersusun miring, sampe ngeglesor di lantai gara-gara nyari yang di bagian bawah, seketika ada temen sejurusan angkatan 2008 yang nyenggol gw—kebetulan posisi rak skripsi Sastra Indonesia dan Arkeologi berhadapan, jadi kami saling tersenggol dari belakang, halah, bahasanya! Sebut saja, Anggrek, doi noleh ke arah gw, lalu mengerutkan dahi, agak melototin kedua matanya, hingga akhirnya keluar juga itu kata dari mulutnya: “Dha??” *penuh makna* Gw: (senyum beberapa senti agak maksa dan bingung). “Gw lagi nyari bahan penunjang, hehe..”, Anggrek: “Yakin lo? Kok di situ sih?” lalu gw meluncurkan senjata keambiguitasan gw dalam menjawab. Hahaha. Syukurlah, doi mengerti. Trus udah? Gitu aja? Segampang itu? Se-antiklimaks itu kronologinya?

Lo pengen tau banget banget banget banget ya emang? Nanti ya, kali lain bakal gw ulas kalo udah ada yang ‘seru banget’ lagi. Hihihi, dadaaaaah. Trimikici ya, Bejo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIJUAL SEPATU COLLETTE

Hai, kali ini saya mau jual sepatu nih: - Jenis: Sepatu Collette (*namanya tetap sepatu, karena bagian belakangnya tertutup—meskipun model bagian depannya slipper ) - Ukuran: 39 - Warna: abu-abu, merah muda - Harga: Rp160.000,- (harga asli Rp189.900,-) berikut penampakannya: Sepatu baru, belum pernah dipakai. Cocok banget buat temen-temen yang suka hangout, tapi tetep gaya. Nyaman, bahannya semi-beledu (*kata nonbakunya ‘beludru’). Kenapa mau dijual? Karena butuh tambahan uang untuk beli sepatu trekking, hahaha. Eh, tapi serius. Bakal seneng banget kalau ada yang berminat dan bantu saya menyelesaikan perkara jual-beli sepatu ini.  Info lebih lanjut, bisa hubungi saya via twitter/facebook: @idhaumamah  atau  Mursyidatul Umamah , terima kasih banyak :)

RENUNGAN

Monday May 04th 2009, 10:50 pm Suatu ketika, seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia.. Menjelang diturunkan, dia bertanya kepada Tuhan, “para malaikat disini mengatakan bahwa, besok Engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara hamba hidup disana? Hamba begitu kecil dan lemah,” kata si bayi. Tuhan menjawab, “Aku telah memilih satu malaikat untukmu, ia akan menjaga dan mengasihimu,” “tapi, di surga, apa yang hamba lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa, ini cukup bagi hamba untuk bahagia,” demikian kata si bayi. Tuhan pun menjawab, “malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya, dan membuatmu jadi lebih bahagia,” Si bayi pun kembali bertanya, “dan apa yang dapat hamba lakukan saat hamba ingin berbicara kepada-Mu Tuhan?” “malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdoa.” Demikian Tuhan menjawab. Si bayi masih belum puas, ia pun bertanya lagi, “hamba mendengar, bahwa di bumi banyak orang jahat, lalu siapa yan

Sedikit Tentang Nulis

Beberapa hari lalu, gw sempat mencoba memulai untuk menulis cerpen. Meskipun tema yang ditawarkan masih seputar cinta-patah hati, tetep aja, buat gw nulis cerpen itu butuh ide yang kaya, juga referensi yang cukup. Mungkin gini, nulis itu gampang, nulis apapun. Nulis cerpen juga bisa kok ngasal. Nah, kalo yang ngasal-ngasal mah gw bisa. Huahahaha. Yang butuh perjuangan itu nulis yang idealis, kaya ide, alurnya logis, dan enak dibaca. Walaupun gw udah kenyang teori-teori sastra, dalam hal ini nulis nggak banyak butuh teori. Ibaratnya, teori itu hanya menyumbang 5%. Justru 95% sisanya adalah kreativitas penulis dalam mengontrol dan mengolah, juga memilih kata yang tersedia di dalam otak kita. (*yang setuju, RT yaaa!) Huahahahaha.. Nggak semua penulis (‘orang yang menulis’) bisa langsung tarakdungces lancar bikin kalimat pertama di awal. Ada juga yang memang butuh mood bagus biar idenya mulus. Ada juga yang harus diputusin kekasihnya dulu, baru bisa ngalir nulisnya. Ehm, tapi gw buk